Sunday, January 6, 2008

Self Confidence



Jika Anda seperti kucing ini yang melihat dirinya dalam kaca sebagai seekor singa, maka Anda juga bisa melihat diri sebagai seorang PEMENANG dan bukan Pecundang! Ini berdasar sikap pikiran kepercayan diri sendiri.

Dengan percaya diri tinggi, Anda akan SUKSES dan bukan menjadi orang yang gagal. Apakah semua orang yang sukses dalam dunia ini tidak pernah mengalami kegagalan yang cukup besar dan cukup banyak? Seandainya Anda mempunyai citra diri rendah, Anda tidak berani mencoba kerana Anda takut gagal. Anda akan menghilangkan semangat berusaha kerana Anda takut melakukan kesalahan.

“Always attempt to do it right the first time!” Ini adalah sikap yang benar. Sering coba melakukan dengan ketidaksalahan untuk kali pertama! Jika Anda membuat kesalahan kali pertama, tidak apa-apa dan jangan ragu-ragu. Sebaliknya, ambillah sebagai satu pelajaran atau latihan dan harus membuat analisa, memperbaiki diri dengan keyakinan berhasil supaya jangan mengulangkan kesalahan yang sama. (“Do not repeat the same mistake!”)

It’s better to try and fail than never try at all.” Orang yang SUKSES harus mencoba dan berusaha. Tidak mungkin orang yang tidak mau mencoba dan berusaha akan dapat kesempatan untuk SUKSES tanpa tambahan pengalaman dari kesalahannya!

Failure is a major contributor to its success!” Setuju? Memang kegagalan bukan satu alasan untuk Anda berhenti percobaan dan berusaha lagi. Kegagalan, sebenarnya, memberikan kesempatan untuk menikmati SUKSES.

Kata Pak Jarot Wijanarko dalam bukunya (‘Hidup Maksimal”), “PEMENANG mengalami kegagalan, dia bermimpi lagi, lalu bangkit dan berkerja keras, untuk mewujudkan impiannya menjadi kenyataan.”

Anda jangan menjadi seorang biasa-biasa saja! Harus berani mencoba dan berusaha.

Percayalah diri setinggi-tingginya!

1 comment:

Unknown said...

Dear Shifu,

Self confidence sometime can fall to an over confidence. How to protect our feeling as "proud" and not jump as "arrogant"?

Cheers,
Kur