Thursday, January 10, 2008

Time Is Like A River



Waktu memang seperti air sungai, terus mengalir dan apa yang sudah mengalir ke hilir sungai tidak akan kembali ke hulu lagi. Oleh demikian, kita harus mengelola waktu dan menggunakan waktu yang ada dengan hidup penuh hikmat, kerana kita tahu waktu yang berjalan tidak akan kembali lagi.

Ini bermaana waktu sangat berharga. “Working effectively means managing time well.” Memang benar statement ini. Bekerjalah efektif berarti mengelola waktu dengan sebaik mungkin.

Jangan buang waktu, hanya tunggu-tunggu saja tetapi tidak bertindak tetap waktu. Orang yang suka menangguh-nangguhkan adalah pemboros waktu; sering menolak tugas dan tanggungjawabnya. Akibatnya tidak dapat melakukan apa pun.

Sebaliknya, kerjakan apa yang diperintahkan. Kemungkinan tindakan Anda paling-paling cuma butuh waktu beberapa menit saja. Yang penting, Anda harus bertanggungjawab, terfokus dan konsentrasi dalam pekerjaan Anda pada waktu tertentu supaya berhasil dan mendapat kecapaian terbaik.

Ada karywan perusahaan sering merasa kekurangan waktu menyelesaikan pekerjaannya. Alasan begitu tidak benar kerana waktu kerja bagi semua orang sama saja, adalah 8 jam. Yang bedanya ialah siapa yang mengelola waktu semaksimalnya tidak akan complain tidak ada cukup waktu menyelesaikan pekerjaannya. Namum, siapa yang mengeluh itu adalah orang yang sering terlambat datang kantor dan memperpanjangkan waktu istirahat. Apalagi jika suka mengobrol dengan pekerja sesama di jam kerja? Ini tidak bisa diterima dalam konsep Time Management. Jangan menjadi seorang pencuri waktu di tempat kerja! Ini sangat merugian pihak perusahaan yang membayar kita sesuai dengan jam kerja kita. Bukan?

Anda pernah dengar “Early bird catches the worms”? Mana ada cacing lagi jika burung terlambat bagun? Anda harus bangun sangat pagi supaya siap untuk sampai kantor on time.

Salah satu cara Anda dapat mengelola waktu semaksimalnya ialah setelah keputusan sudah dibuat, harus fast action, bertindaklanjuti dengan sepenuh komitmen. Kenapa tunda pekerjaan hari ini ke hari esok jika Anda bisa menyelesaikannya hari ini? Jangan tunda kerana untuk hari esok masih ada pekerjaan baru yang akan antri.

Bila Anda ada appointment dengan teman, punctuality itu penting. Jangan terlambat atas kebiasaan jam karet. Seharusnya Anda sudah hadir sekurang-kurangnya 5 menit sebelum waktu janji bertemu. Memperhatikan ketetapan waktu adalah satu cara mengelola waktu dengan lebih baik.

2 comments:

Anonymous said...

I fully agree wth your statement.

Anonymous said...

Hi Pak Loh,

Thanks for the reminder. I must say that we practice what we preach! Remember that both of us were on time for our recent lunch appointment at Sun Plaza?

Another stickler for time is Pak Tan Keng Tong.

Having made every effect to be on time for appointments, I should now learn to relax and not be too stressed about keeping time.