Sunday, February 1, 2009

MANFAAT BUAH MANGGIS

Buah Manggis (Garcinia Mangostana), buah yang tumbuh didaerah tropis di Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, Thailand, Pilippina dan Vietnam, terdiri dari kulit halus tebal berwarna ungu gelap yang dikenal sebagai cangkang dan memiliki isi 4-8 daging buah berbentuk segitiga dan berwarna salju putih. Telah dinyatakan oleh orang banyak bahwa buah manggis sebagai buah tropis yang terbaik dan terkenal sebagai "Queen of the fruit" (Ratu buah)

Buah Manggis kaya akan vitamin B1, B2 & C dan mengandung mineral -mineral seperti kalsium, potassium, sodium dan zat besi. Bagaimanapun juga , penonjolan ciri khas dari sari buah manggis ini adalah konsentrasi zat xanthones yang tinggi, merupakan kelas tanaman buah-buahan yang menghasilkan nutrisi atau " phytonutrients".

Berdasarkan kajian ilmiah, pada xanthones memperlihatkan kandungan antioksidan yang kuat untuk menambah dan mendukung sistem kekebalan tubuh kita. Lebih daripada 200 diketahui xanthones ditemukan pada tanaman buah-buahan, selebihnya ada 40 xanthones ditemukam dalam buah manggis. Yang mengherankan, sumber xanthones yang paling banyak ditemukan adalah dalam cangkang buah manggis.

Kita dapat membaca banyak manfaat dari xanthones melalui internet. Menarik sekali, saya mencari tahu bahwa xanthones menyajikan kandungan penting yang dapat memerangi radikal bebas. Nampaknya radikal bebas berusaha untuk mendapatkan struktur stabil dengan cara memperoleh sel elektron dari tubuh manusia, dengan demikian, menyebabkan oksidasi tidak dapat diubah dalam sel. Walaupun begitu, xanthones memiliki efek antioksidan dan xanthones mengkaunter efek yang tak terhapuskan akibat radikal bebas sehingga dapat melindungi sel biologis dalam tubuh kita.

Saya juga membaca tentang Oxygen Radical Absorbance Capacity (ORAC: Pengujian Kapasitas Penyerapan Radikal Oksigen) yang menunjukkan bahwa "the whole fruit mangosteen juice" (jus buah manggis keseluruhan) sebesar 20-30 kali lebih efektif dari buah-buahan dan sayur-sayuran lain yang dapat menyerap radikal bebas.

Seperti banyak teman-teman di Malaysia dan Indonesia, Saya benar-benar menikmati kelezatan rasa buah manggis tetapi yang kami makan hanya daging buah saja. Kami telah membuang cangkang dan bijinya yang merupakan sumber utama dari xanthones. Apalagi, buah manggis tidak selalu tersedia sepanjang tahun kecuali sedang musim buah-buahan.

Kondisi kesehatan sekarang khususnya bagi senior citizen (orangtua yang sudah ujur, paman dan bibi ), kebaikan adalah kegembiraan sejati buat mereka. Saya benar-benar percaya bahwa tindakan pencegahan penyakit jauh lebih baik daripada pengobatan setiap kali jatuh sakit.

Saya sekarang sebagai senior citizen juga, yang baru berhenti kerja di Indonesia. Ketika ditanya berapa usia saya, sdengan tersenyum saya menjawab dengan muda hati, "O ya. Usia saya baru 26 tahun aja."

Kemarin, kami mengadakan perjamuan makan siang persahabatan sesudah selesai acara kebaktian gereja di Charisma Assembly, Segamat. pada hari Natal. Saya diperkenalkan kepada seorang anggota gereja yang berumur 46 tahun. Dengan penuh lelucon, saya sampaikan kepada beliau bahwa saya pun berumur "46 tahun" dengan alasan bahwa saya lahir tahun 1946. Teman-teman, apakah kamu setuju bahwa menjadi seorang orangtua yang muda adalah jauh lebih baik daripada seorang anak muda yang tua?

Puji Tuhan dan mengucap syukur walaupun kita pada akhirnya menjadi tua, usia itu bukanlah lagi menjadi masalah yang utama. Yang lebih penting adalah bahwa kita harus selalu merasa muda dalam hati dan kita masih sehat untuk berjalan kaki dipagi hari, joging, berlari, berenang, bersepeda, bermain games dan melakukan olahraga yang lain.

Setelah Anda mengetahui bahwa manfaat buah manggis dapat ditawarkan, maka meminum jus buah manggis keseluruhan setiap hari sebagai suplemen nutrisi adalah baik sekali agar kita tetap sehat.

(Untuk informasi lebih lanjut tentang jus manggis Xango, mohon klik