Sunday, January 25, 2009

MERAYAKAN TAHUN BARU IMLEK 陰曆(農曆新年) KE-2560

Senin, 26 Januari 2009, diseluruh dunia, orang-orang Cina/Tionghoa merayakan tahun baru lunar Imlek 陰曆(農曆新年) yang ke-2560 menurut kalender/penanggalan bulan, mengikuti ritual turun-temurun sejak masa kuno.

Pada malam hari sebelum Imlek 陰曆(農曆新年), seluruh keluarga akan berkumpul di rumah orangtua untuk makan bersama. Kiranya pada waktu makan di sana terciptalah suasana yang hangat dan saling berbagi.

Karena Imlek 陰曆(農曆新年)adalah suatu waktu yang telah disepakati oleh seluruh keluarga dengan aturan dan tata cara berkunjung yang baik, untuk bersilahturahmi, sehingga semua pihak dapat berkumpul bersama seluruh keluarga besar pada hari raya Imlek 陰曆(農曆新年).

Ungkapan yang biasa diucapkan dalam merayakan Imlek 陰曆 (農曆新年) adalah guònián 過年yang artinya adalah nián lewat. Nián dalam bahasa Mandarin adalah tahun. Karena itu pada hari pertama Imlek 陰曆(農曆新年), orang-orang mengatakan bahwa nián telah lewat, tahun yang lama sudah berlalu. Inilah ungkapan kegembiraan bahwa manusia sudah melewati satu tahun perjalanan hidupnya, baik dalam “kegembiraan, kesusahan, keberhasilan maupun kegagalan”, dan saatnyalah memulai hidup yang baru dengan semangat yang baru. Yang sudah berlalu dapat menjadi pelajaran yang berharga untuk menapak ke masa depan yang lebih baik.

Untuk umat Kristiani Cina/Tionghua, mereka dapat memasuki Imlek 陰曆(農曆新年)dengan menyaksikan indahnya kehidupan Kristiani dan menjadikan momentum Imlek 陰曆(農曆新年)untuk bersaksi kepada anggota keluarga mengenai kasih dan kebahagiaan dalam Kristus Yesus.

SEMOGA BAPAK & IBU SEKALIAN LEBIH REZEKI, KEMAKMURAN, KEGEMBIRAAN, SUKSES/KEBERHASILAN, DAN SEHAT SELALU.

UNTUK UMAT KRISTINI CINA/TIONGHUA, PENUH KASIH, KEBAHAGIAAN, PERDAMAIAN DAN ANUGERAH BERLIMPAH-LIMPAH DARI KRISTUS YESUS.

TUHAN MEMBERKATI. AMIN.

1 comment:

Anonymous said...

Gong xi fat chai.... wan se rui sen ti chien khang.....