Friday, January 9, 2009

Buah Manggis berharga tinggi di New York

Photo diatas adalah gambar "Shady Mangosteen (Buah Manggis Yang Dinaungi) oleh Uthala Malar dan didownload dari the star online. Satu-satunya hanya buah manggis sebagai "Ratu Buah" yang terlindungi dengan sebuah payung kecil.

Teman-teman sekalian, apakah Anda tahu berapa harga sebuah manggis di New York?

Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Patrick Temple -West pada tgl.5 Maret 2008, berjudul "Tropical sweetness: harnessing the elusive mangosteen",(Manisan Tropis : Memanfaatkan buah Manggis), harganya dijual sebesar US$ 3.99 sebiji di King Supermarkets Inc. di New York. Dengan uang sebesar itu, orang di Malaysia, Indonesia dan Thailand dapat membeli sekarung buah manggis! Tetapi sebelum 2007, USDA telah melarangkan import buah manggis ke Amerika Syarikat karena beresiko sehubungan dengan "Asian fruit flies" (lalat buah Asia) yang dapat menularkan panen jeruk di Amerika Syarikat. Akhirnya larangan dicabut pada bulan Oktober 2007, dan buah mangis pertama sekali dikapalkan masuk Amerika Syarikat pada bulan April 2008.

Buah manggis juga tidak murah di Jepang dan tempat-tempat lain di dunia karena dinegara-negara itu cuacanya tidak cocok untuk menanam pokok manggis. Walaupun demikian, orang yang tinggal diluar Asia Tenggara yang telah pernah merasakan enaknya buah manggis, mereka dapat memahami bahwa" Ratu Buah" sudah lama dihargai karena bermanfaat sebagai obat tradisi disamping rasanya yang sangat lezat.

1 comment:

Anonymous said...

Buah Manggis memang Ratu Buah karena begitu tebalnya kulit yang melindunginya, dengan buah yang imut-imut, tanpa tebar aroma rasanya sangat manis serta warna yang putih yang bersih melambangkan seorang RATU. Begitulah filosofi dari buah manggis.