Sunday, January 18, 2009

Cangkang atau Kulit Buah Manggis


Terlampir dibawah ini informasi tentang nutrisi buah manggis yang diambil dari internet.

Cangkang atau kulit buah manggis , tebalnya kira-kira 1/2 cm, berwarna hijau ketika belum matang, dan berwarna ungu gelap ketika sudah matang. Itulah sebabnya mengapa disebut buah manggis "The Purple Mangosteen" (si ungu gelap buah manggis).

Bila kita mau memakan buah manggis, dipegang dengan dua tangan. Cangkang buah manggis kelihatan keras, tetapi agak mudah dibuka. Gunakan ibu jari untuk menekan dengan lembut dan memelintir sedikit dengan tangan kiri berlawanan dengan arah jarum jam dan kemudian tangan kanan memutar kearah jarum jam hingga cangkang buah pecah menjadi dua. Ketika terbuka maka akan nampak daging buah manggis yang segar , manis, penuh sari buah, dan dapat dimakan dan rasanya lezat. Setelah memakannya kita akan membuang bijinya dan cangkangnya. Kita tidak menyadari ternyata cangkang buah manggis memiliki nutrisi , manfaat dan nilai yang tinggi.

Oleh sebab itu, Asian Health Practitioners (Praktisi Kesehatan Asia), telah lama menggunakan cangkang buah manggis sebagai nutrisi dalam jumlah besar. Masyarakat Asia Tenggara telah menggunakan buah manggis, khususnya cangkangnya, untuk mengobati infeksi, mengurangi rasa sakit, menyembuhkan deman dan beragam penyakit lainnya.

Sebenarnya buah manggis yang telah dikeringkan sudah lama dikapalkan dari Singapore ke India dan ke China untuk digunakan sebagai obat tradisi. Cangkang buah manggis yang dikeringkan dipotong-potong, selalu tersedia hampir diseluruh toko obat di China, dibuat dalam bentuk serbuk dan didaftarkan untuk menyembuhkan disentri. Dibuat juga dalam bentuk balsam, bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan penyakit kulit lainnya.

Ternyata bahwa cangkang buah manggis dapat menyerap lemak. Kemarin setelah kami jalan pagi dilapangan golf Segamat Country Club, kami duduk dikantinnya berbincang-bincang sambil membaca surat kabar. Teman kami Mr.Seow menceritrakan bahwa ibunya biasa memasak daging sup untuk anak-anaknya dan secara normal sup yang dimasak itu agak berminyak dilapisan bagian atas ketika sup sudah mendidih. Ketika ditambahkan beberapa potong cangkang buah manggis maka lapisan lemak yang ada pada sup menjadi berkurang karena sudah diserap oleh cangkang buah manggis.Mr. Seow juga menyampaikan bahwa cangkang buah manggis dapat direbus dengan air sampai mendidih dan kemudian diminum untuk menyembuhkan diare dan menurunkan kolesterol.

Dilaporkan bahwa manfaat pengobatan dari buah manggis yang paling utama adalah dari cangkangnya yang memiliki antioksidan (antioxidant) yang luarbiasa, yaitu Xanthones yang berkosentrasi tinggi. Cangkangnya juga mengandung sejumlah zat-zat aktif secara biologi, seperti vitamin, catechins, polysaccharides, dan stilbenes.

Kita telah membaca bahwa kehadiran dari radikal bebas (free redicals) dalam tubuh kita telah menjadi ancaman yang terbesar kepada kesehatan kita secara keseluruhan. Radikal bebas dapat menyerang setiap sel dalam tubuh manusia beribu-ribu kali setiap hari, melemahkan tubuh kita dan membuat tubuh kita menjadi mudah terkena penyakit. Untunglah bagi kita, cangkang buah manggis yang kaya akan antioksidan (yaitu Xanthones) jika dikonsumsi dalam bentuk jus buah manggis, dapat menghantam dan menetralkan radikal bebas dalam tubuh kita. Dengan jelas, jus buah manggis sangat efektif menaikkan sistem kekebalan tubuh kita yang lemah.

[Untuk informasi jus manggis XanGo (the original whole fruit mangosteen juice) mohon ketik http://www.myxango.com.my/jamesloh]

1 comment:

Anonymous said...

Thank you pak Loh for the Info, and I will try it.