Sunday, September 23, 2007

KITA MAU KITA BISA


Iklan rokok ini yang saya fotokan bukan untuk promosi merokok, tetapi untuk motivasi staf saya dikantor RO dan dikebun-kebun perusahaan kami supaya mereka bisa berubah pola sikap tentang pikiran yang positif. Sebenarnya saya seringkali memberi nasihat kepada mereka yang merokok supaya mereka cepat berhenti merokok bukan hanya untuk kesehatan sendiri, tetapi sebagai contoh yang baik didalam keluarganya dan ditempat kerjanya.

Orang yang tidak bisa maju dalam karirnya karena dia sering cari alasan medukung ketidakmauannya. Ini kemungkinan pikirannya sudah negatif dan menjadi batas-batas pikirannya. Seandainya pikirannya masih positif, dia akan melakukan yang apa dia pikir bisa dilakukan!

Apa yang saya sampaikan kepada anak buah saya adalah, “Katakan apa yang Anda bisa kerjakan, jangan katakan apa yang Anda tidak mau kerjakan.” (“Tell me what you can do; Don’t tell me what you cannot do.” Ini memang benar. Sejauh pikiran Anda berkata “BISA”, ini berarti hati Anda tetap “MAU”, maka Anda akan lakukan dan seiring dengan pretasi Anda.
Contohnya jika target Anda mau capai anggaran produksi setiap bulan, Anda harus mau menentukan ada cukup pemanen dan memastikan mereka hadir kerja pada setiap apel pagi supaya tidak ada ancak panen yang dikosongkan. Kurang pemanen akan mempengaruhi produksi harian dan juga memperpanjang rotasi panen. Mendisiplinkan pemanen juga penting supaya tidak ada buah matang tertinggal diatas pokok dan buah yang dipanen tidak tertinggal dibawah pokok dan harus dibawa keTPH. Apalagi brondolan tertinggal tidak dikutip seratus persen (100%)! Supervisi dan kontrol oleh mandor panen harus ditingkatkan jika masalah-masalah tersebut masih terjadi.

Alasan-alasan, seperti jalan jelek dan jembatan runtuh mengakibatkan restan dilapangan, tidak bisa diterima. Karena jalan jelek dan jembatan runtuh adalah masalah-masalah dilapangan yang bisa diatasi dengan mengambil tindakan untuk memperbaikinya.

Soal ada areal rawa akan banjir pada musim hujan bisa diantisipasi dan
sebenarnya bisa dihindari jika parit pembuangan sudah digali lebih dalam dan parit-parit lain dicuci sebelum musim hujan. Apalagi biaya dan jadwal untuk membersihkan dan mendalamkan drainage sudah dianggarkan dalam budget! Oleh demikian, meskipun masih ada areal banjir tidak bisa panen jangan dianggap sebagai alasan jika parit-parit tersebut belum dikerjakan.

Dengan pola pikiran positif atau ada kemauan, saya yakin misi yang tidak mungkin (Impossible Mission) pun bisa jadi mungkin. Bukan peribahasa ternyata, “Dimana ada kemauan, disitu ada jalan.” (When there is a will, there is a way) Jika kita mau, pasti kita bisa lakukan dan seharusnya lakukanlah yang terbaik (Do The Best)!

No comments: