Sunday, September 16, 2007

TODAY NOT TOMORROW


Waktu saya melihat signboard ini yang berkata “ TODAY NOT TOMORROW”, maka saya tangkapi ini adalah sangat penting berkaitan dengan “TIME MANAGEMENT”. Hal-hal yang kita melakukan dalam HARI INI harus diselesaikan, takkan tertunda pada HARI ESOK! Ini karena pada HARI ESOKnya masih ada hal-hal yang baru untuk kita melakukan dan menyelesaikan.

Penundaan bukan Alaskan! “PLAN YOUR WORK; WORK YOUR PLAN”. Apa yang Anda recanakan harus dikerjakan mengikuti rencana. Jika menunda rencana Anda, maka kemungkinan Anda tidak tahu masihkah ada kesempatan lagi untuk melakukan di masa mendatang. Oleh demikian, jangan tergoda untuk menunda hal-hal baik yang sudah Anda rencanakan. “DO IT NOW!” Anda harus lakukannya sekarang.

TUHAN sangat baik dan luar biasa! Dia memberikan kita 24 jam dalam satu hari; 8 jam untuk kerja, 8 jam untuk istirehat dan 8 jam untuk tidur. Tidak ada seorang pun mendapat waktu lebih daripada 24 jam sehari. Juga tidak ada siapa pun diberikan waktu kurang dari 24 jam sehari. Dalam dunia ini, memang ada orang berkerja lebih dari 8 jam sehari, tetapi ada orang juga yang tidur lebih daripada 8 jam. Nah. Waktu sangat berharga. Tidak salahnya jika ada orang mau kerja keras dan kerja waktu panjang. Sebagai seorang “workaholic, dia berkerja terus melupakan waktu istirehat dan waktu tidur dan sering beliau mau lain orang mengikutinya. Seharusnya, orang yang kerja keras (work hard) hendaklah bekerja cerdas (work smart) juga supaya mencapai kesuksesan.

TUHAN berikan waktu kepada kita untuk kita kelola secara bertanggung jawab. Dia mau kita mengatur waktu dangan baik dan teratur supaya kita sering gunakan waktu sebaik mungkin. Ini memang benar dalam mengelola waktu atau manajemen waktu!

Jika kita memboros waktu di tempat kerja, maka waktu yang sudah hilang tidak mungkin akan kembali lagi. Apakah pemborosan waktu di tempat kerja? Contohnya adalah

1) Dengan memperpanjangkan jam istirahat dangan cara beristirahat lebih awal dan lebih molor dari waktu istirahat yang sudah tertentu.

2) Dengan datang terlambat untuk apel pagi dan pulang kerja dari lapangan atau dari kantor lebih cepat dari yang seharusnya.

Waktu sangat berharga dan kita seharusnya menghargai waktu. Janganlah kita menjadi seorang Pemboros Waktu. Janganlah kita menjadi seorang Peucuri Waktu. Orang yang hidupnya maksimal adalah orang yang menggunakan waktu sebaik-baiknya karena mereka tahu waktu tidak bisa diulang.

No comments: