Monday, August 25, 2008

PEMENANG SEJATI

Baru-baru ini saya tanya kolega dan bawahan saya “Jika Anda partisipasi dalam perlombaan lari 100 meter, dan kemudian memotong pelari di posisi ke 2, jadi Anda sekarang ada di posisi keberapa?” Kebanyakan mereka menjawab, tanpa berfikir mengatakan,“Di posisi ke 1.” Kemudian saya ajukan lagi satu pertanyaan,“Bagaimana kalau Anda memotong pelari terakhir? Anda sekarang ada di posisi keberapa?” Dan lagi dijawab tanpa berfikir, “Di urutan ke 2 terakhir (dari belakang).”

Saya katakan kepada mereka bahwa kedua jawaban itu salah. Untuk pertanyaan ke 2, adalah tidak logis karena Anda harus berlari di depan pelari terakhir. Ketika Anda memotong pelari diurutan ke 2, pelari diurutan ke1 masih di depan Anda, sehingga Anda hanya diurutan ke 2.

Maksud saya menanyakan ini bukan berarti menguji kebijakan mereka tetapi memotivasi untuk tidak menghabiskan waktu memikirkan kepada pelari terakhir, tetapi harus terfokus kepada garis finish, supaya bukan hanya memotong pelari di posisi ke 2 dan juga memotong pelari diposisi ke 1, baru bisa menjadi juara nomor 1.

Jika mau jadi seorang pemenang, Anda harus memiliki visi untuk menjadi seorang pemenang. Pertama sekali, harus menyadari bahwa Anda terlahir sebagai seorang pemenang dan percaya diri menjadi seorang pemenang. Anda selalu bangkit menjadi seorang pemenang. Dengan kata lain, Anda harus melihat diri Anda sendiri sebagai pemenang dicermin setiap pagi. Dengan rasa percaya diri yang kuat, Anda harus memiliki karakter yang menyenangkan dan berkualitas baik maka Anda akan jadi seorang pemenang.

1) Pemenang-pemenag selalu terfokus terhadap semua hal. Mereka memiliki kesadaran missi dan tujuan bekerja. Mereka paham bagaimana mencapai lebih dahulu ke garis finish dari pelari-pelari lain.

2) Pemenang-pemenang selalu berkomit sepenuhnya. Komitmentnya benar-benar. Bagaimanapun juga, mereka harus memiliki keberanian tambahan dalam dirinya untuk memenangkan segala hal.

3) Pemenang-pemenang harus benar-benar berdisiplin. Mereka harus mengikuti peraturan. Tidak ada kepatuhan yang tanggung-tanggung untuk mengikuti instruksi. Harus kepatuhan sepenuhnya mengikuti pelatihnya dan dilakukannya dengan senang hati dan antusias.

4) Pemenang-pemenang tidak pernah mencari-cari alasan. Mereka tidak akan memberikan alasan yang tidak masuk akal untuk kegagalan sementara tetapi lebih baik tetap tenang, menganalisa masalah secara teliti, merencanakan kembali dan mengambil tindakan cepat memecahkan semua kesalahan dan kekeliruan untuk mencapai pemenangan.

5) Pemenang-pemenang harus berdedikasi. Mereka beralasan kuat untuk menang. Mereka membuat sesuatu terjadi.

6) Pemenang-pemenang harus memiliki tekad bulat. Jika suatu pekerjaan harus dikerjakan, maka pekerjaan itu harus dikerjakan. Mereka tidak akan meninggalkan pekerjaannya setengah selesai atau setengah tidak selesai.

7) Pemenang-pemanang tidak pernah tunjuk jari. Mereka menerima tanggungjawab dan tidak mau menyalahkan bawahannya atau mengkambinghitamkan orang lain supaya dilepaskan diri dari tanggungjawabnya.

8) Pemenang-pemenang mennghargai pengelolaan waktunya. Mereka mengontrol waktunya lebih baik dari pada orang lain. Mereka sadar bahwa "早起的鳥兒有虫吃, burung yang bangun pagi lebih awal akan mendapat cacing”. Mereka memastikan bahwa berada ditempat kerja jauh lebih awal dari bawahannya. Mereka bukan tipe orang-orang yang datang terlambat masuk kantor ( atau apel pagi untuk planters ) karena mereka adalah pemimpin yang terhormat.

9)Pemenang-pemenang selalu berdiri tegak. Mereka tidak pernah membungkuk dan bertentangan dengan sekelilingnya dalam situasi sulit. Mereka tidak pernah menyerah diri. Mereka mengambil hikmah kekalahan sebagai pelajaran yang berharga. Mereka tidak mau putus asa tetapi mereka bangkit dan memulai kembali menantang seperti seorang sang juara sampai menang.

10) Pemenang-pemenang selalu optimis. Mereka tidak menangisi susu yang sudah tumpah. Mereka membuang rasa kuatir dan ketakutan. Ternyata peribahasa Cina, "笑到最後后的人才是真正的贏家 orang yang tertawa hingga akhir adalah pemenang sejati!”

Tuhan menginginkan orang-orang yang menang “lebih dari pemenang!”(Roma 8:37) Memang luar biasa dan dasyat!

No comments: