Friday, December 12, 2008

GREEN GREEN GRASS OF HOME

Saya sedang belajar beradaptasi dengan gaya hidup pensiun setelah kembali dari Indonesia ke Malaysia dua minggu yang lalu. Sebagai planter selama bertahun-tahun, saya terbiasa berjalan kaki dilapangan dalam kebun-kebun yang saya telah pimpin dan kunjungi. Akan tetapi, ketika saya bertugas di Kantor Tembung, Medan, saya bahkan tidak ada waktu untuk jalan pagi. Saya harus berangkat dari kediaman saya di Jalan Kartini paling lambat jam 0715 WIB untuk menghidari lalulintas yang macet supaya bisa sampai di kantor pada jam 0800 WIB.

Sekarang setelah kembali ke Segamat, Johor, saya dapat bergabung kembali dengan teman-teman saya berjalan kaki pada pagi hari yang menyegarkan di Segamat Country Club. Kami berjalan disepanjang rumput hijau dan jalur kursus golf paling sedikit selama 30 menit untuk menghirup udara segar. Berjalan kaki pada pagi hari yang menyegarkan mengingatkan saya pada lagu yang paling saya sukai untuk didengarkan dan dinyanyikan ,yaitu " GREEN GREEN GRASS OF HOME" yang dinyanyikan oleh Tom Jones, seorang penyanyi favorit saya. Saya sangat setuju dengan teman saya bahwa berjalan kaki diatas rumput yang lembut terasa lebih enak dan mengurangi dampak luka pada tulang sendi kaki dibandingkan dengan berjalan kaki dijalan aspal yang keras dengan permukaan yang kasar. Oleh karena itu, kami harus lebih awal berjalan kaki sebelum para pemain-pemain golf mulai memukul bola dari tempat permulaan. Teman-teman saya adalah pejalan kaki yang teratur dan jarang tak hadir kecuali pada saat hujan turun atau pergi ke luar kota Segamat.

Kami sudah mengetahui bahwa jalan kaki secara teratur pada pagi hari dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membuat jantung kita semakin kuat dan bekerja secara efisien. Teman -teman saya mengatakan bahwa dengan berjalan kaki pada pagi hari secara teratur, mereka dapat menjaga kesehatannya dan alhasil akan lebih sehat dari pada orang-orang tanpa kebiasaan berjalan kaki. Bagi seorang yang minat dan penuh antusias, dia perlu berinisiatif dan komit untuk bangun lebih cepat pada pagi hari dan berjalan kaki paling sedikit selama 6 bulan. Jika kita ingin berjalan kaki pada pagi hari dan menjadikannya sebagai suatu kebiasaan, kita harus gigih dan penuh tekad bulat, berdedikasi dan disiplin. Saya teringat akan mendiang ayah saya yang selalu berjalan kaki pada pagi hari secara teratur selama hari tuanya di Kuala Lipis, Pahang. Ayah saya membawa serta sebuah tongkat untuk mengusir anjing yang berkeliaran dekat dia. Dengan demikian, ketika saya pensiun, saya pun memutuskan berjalan kaki pada pagi hari sebagai rutinitas saya sehari-hari.

Saya berharap Anda boleh mengikut saya dan memulai "Chale Chalo" (brisk walking) mulai hari ini sampai seterusnya. Dan saya harap Anda juga suka bernyanyi bersama saya lagu "GREEN GREEN GRASS OF HOME" pada waktu berjalan kaki dan inilah lirik lagunya:

The old home town looks the same,
As I step down from the train, A
nd there to meet me is my mama and my papa.
Down the road I look, and there comes Mary,
Hair of gold and lips like cherries.
It's good to touch the green, green grass of home.

The old house is still standing,
Though the paint is cracked and dry,
And there's the old oak tree that I used to play on.
Down the lane I walk with my sweet Mary,
Hair of gold and lips like cherries.
It's good to touch the green, green grass of home.

Yes, they'll all come to see me,
Arms reaching, smiling sweetly.
It's good to touch the green, green grass of home.

[spoken:]
Then I awake and look around me,
At the four gray walls that surround me,
And I realize that I was only dreaming.For there's a guard,
and there's a sad old padre,Arm in arm, we'll walk at daybreak.Again,
I'll touch the green, green grass of home.

Yes, they'll all come to see me
In the shade of the old oak tree,
As they lay me 'neath the green, green grass of home.


3 comments:

Anonymous said...

Berjalan kai di pagi hari sangat menyenangkan dan membuat jantung kita sehat .

Anonymous said...

Saya saat ini juga sedang menyesuaikan diri untuk menjalankan kehidupan yang bebas dari rutinitas pekerjaan. Tidak mudah untuk mendisiplinkan diri tanpa keterikatan, sebagaimana yang Bapak sampaikan perlu itikat yang kuat dan keinginan yang sungguh-sunnguh serta setiap saat perlu diucapkan dalam diri kita sendiri untuk meminta pertanggung jawaban atas itikat yang sudah kita lontarkan.

Anonymous said...

Dear P' Loh
Saya saat ini juga sedang menggiatkan olah raga untuk kesehatan diri saya dengan bermain Batminton seminggu sekali. Kami juga ingin seperti bapak yang Berbahagia dalam masa pensiun. Tetapi saat ini saya sedang berjuang demi keluarga terutama untuk Masa Depan Anak saya yang masih kecil.