Tuesday, December 9, 2008

KESALAHAN (MISTAKES)

Kita gagal karena kita membuat kesalahan. Kita membuat kesalahan karena kita kurang pengalaman. Nah, dengan konsep yang benar, kita telah belajar dan memperoleh pengalaman dari kesalahan yang kita buat. Kita telah menginstropeksi diri untuk mencari penyebab dari kesalahan. Kita harus menganalisa prosesnya secara menyeluruh satu kali lagi. Dengan evaluasi , maka kita dapat menghindari kesalahan yang sama, membuat rencana tindakan yang lebih baik pada masa yang akan datang.

Something2Share:

Setiap orang pernah membuat kesalahan karena tidak ada seorangpun terlahir sempurna. Fakta sebenarnya, semakin banyak kesalahan yang kita buat, kita semakin menjadi lebih baik karena kita telah belajar melalui kesalahan yang kita buat. Inilah yang kita sebut memperoleh pengalaman.

Peter F.Drucker, sebagai Bapak Manajemen Modern, pernah berkata, "Orang yang lebih baik, adalah orang yang pernah membuat lebih banyak kesalahan, karena orang tersebut telah mencoba banyak hal berkali-kali. Saya tidak akan pernah mempromosikan orang yang tidak pernah membuat kesalahan.untuk menduduki jabatan puncak. Orang begitu adalah orang yang biasa-biasa saja.”

Anda boleh saja membuat beratus-ratus kali kesalahan tetapi tidak boleh melakukan kesalahan yang sama. Inilah yang kita sebut mengadakan percobaan (eksperimen).

Orang yang berfikir positip perlu melakukan pekerjaan yang benar sejak awal atau paling tidak dia telah berusaha melakukannya. Jika tidak, dia harus belajar dari kesalahan yang pertama dan melakukannya dengan benar untuk yang kedua kalinya. Adalah tidak baik jika seseorang terus melakukan kesalahan dan mengulangi kesalahan yang sama!


Saya terbiasa memberitahukan kepada bawahan saya bahwa ada 3 tipe manajer di Perkebunan:

Tipe 1: Manajer tidak mau belajar dari kesalahannya sendiri. (Tidak memperoleh pengalaman, dan kesempatan didemosi serta dipecat sangat besar)

Tipe 2: Manajer telah belajar dari kesalahannya sendiri. (Memperoleh pengalaman yang terbatas, dan kesempatan dipromosi sedikit atau kecil )

Tipe 3: Manager telah belajar dari kesalahannya sendiri dan juga dari kesalahan orang lain (Memperoleh lebih banyak pengalaman, dan kesempatan dipromosi sangat besar)

No comments: