Wednesday, September 10, 2008

ANTUSIASME TIDAK TERBATAS


Ketika sekumpulan dari 200 orang eksekutif ditanya apa yang membuat seseorang berhasil, maka ada 80 % diantaranya akan menyatakan bahwa “Antusiasme” yang merupakan hal terpenting. Lebih penting dari ketrampilan. Lebih penting dari pelatihan. Bahkan lebih penting lagi dari pengalaman.

Sebelum air akan menghasilkan uap secukupnya untuk menggerakkan sebuah mesin, maka air itu harus direbus sampai mendidih. Mesin uap tidak akan menggerakkan kereta api seinci pun sampai tekanan uap mencapai 212 derajat. Begitu juga, orang tanpa antusiasme akan mencoba menggerakkan mesin kehidupan dengan air hangat-hangat kuku. Hanya satu hal yang akan terjadi: orang tersebut akan berhenti dan tidak dapat bergerak.

A.B. Zu Tavern menerangkan bahwa antusiasme adalah merupakan elektrik dalam sebuah baterai.. Ia merupakan tenaga diudara. Ia adalah kehangatan didalam api. Ia adalah nafas dari semua makhluk yang hidup. Orang yang sukses akan antusias pada apa yang dilakukannya. “Pekerjaan yang baik tidak pernah dikerjakan dengan darah dingin," kata beliau," bahwa panas diperlukan untuk mencairkan apapun. Setiap pencapaian yang hebat adalah kisah dari semangat hati yang menyala-nyala.

Anda boleh saja memiliki semua ketrampilan, pelatihan dan pengalaman yang pernah dibutuhkan. Tambahkan antusiasme dengan yang Anda miliki tadi maka Anda benar-benar tidak bisa dihentikan dari keberhasilan dan sukses.

Untuk Berbagi:

Seberapa benar bahwa antusiasme dapat membuat perbedaan besar antara Anda dengan orang yang lain. Jika Anda tertarik dengan pekerjaan Anda dan merasa antusias mengerjakannya, Anda dapat mengerjakannnya lebih baik daripada orang lain yang masih kurang antusiasme. Mengapa? Karena dengan antusiasme, Anda lebih pasti dan yakin dengan ketrampilan, potensi dan pengalaman, oleh demikian Anda akan mendapat posisi yang lebih baik untuk mengungguli kinerja daripada orang lain.

Dengan antusiasme, Anda mengadakan prestasi dan dapat menjadi seorang pemimpin yang baik. Dengan antusiasme tidak terbatas, Anda akan menjadi seorang pemimpin yang jago. Bukan hanya Anda dapat mempengaruhi orang lain tetapi Anda juga akan dapat memberi perintah kepada mereka untuk menyelesaikan apa yang Anda inginkan mereka buat selama Anda sudah mendapat respek atau kehormatan dari mereka.. Seorang pemimpin yang jago akan selalu siap untuk mengajari, melatih, membimbing, memotivasi, memberi semangat, dan membangkit anggota tim akan menjadikan pemimpin juga pada sesuatu hari kemudian.

Di Olimpiade Beijing 2008, Michael Phelps dari USA, yang tingginya 6 kaki 4 inci dengan antusiasme yang tidak terbatas dalam perlombaan renang, dijuluki "Yang Mustahil" tetapi nyatanya dia dapat meraih 8 medali emas dalam perlombaan 400m medley, 200m freestyle, 200m butterfly, 4x100m free relay, 4x200m free relay, 200m medley, 100m butterfly dan 4x100m medley serta menciptakan rekor dunia untuk 8 perlombaan difinal. Usain Bolt dari Jamaica, yang tingginya 6 kaki 5 inci dengan antusiasme yang tidak terbatas dalam perlombaan lari, dijuluki "Yang Luar Biasa" menjadi pelari paling tercepat di bumi baru ini dengan memenangkan perlombaan lari 100m dan 200m putera serta memecahkan rekor dunia. Beliau juga meraih medali emas lain bersama-sama dengan teman timnya dalam 4 x 400m dalam perlombaan lari estafet putera dan juga memecahkan rekor dunia. Michael Phelps dan Usain Bolt sudah menjadi juara terkenal dan termasyur!

Jangan hanya menjadi seorang planter yang baik. Tunjukkanlah antusiasme Anda yang tidak terbatas dalam hal apapun yang Anda lakukan di manajemen perkebunan, dan Anda benar-benar tidak dapat dihentikan untuk menjadi seorang planter yang paling hebat.

3 comments:

Anonymous said...

Focus dan lepas adalah cara terbaik untuk mencapai suatu out put kerja yang maksimal. Pada saat kita mengerjakan pekerjaan A, maka semua energi (fisik, mental, emosi dan spirit; PQ, IQ, EQ dan SQ) harus dicurahkan secara maksimal dan pada saat pindah ke pekerjaan B, maka semua focus harus dilepaskan dari pekerjaan A dan beralih ke B.

Anonymous said...

Antusiasme berarti semangat dari dalam diri sendiri yang tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Seseorang dapat menduduki jabatan seperti sekarang ini adalah karena ybs memiliki antusiasme .

Anonymous said...

"Success is going from failure to failure without loss of enthusiasm." (Keberhasilan berjalan dari kegagalan ke kegagalan tanpa kehilangan antusiasme)- Winston Churchill -

Sikap antusias akan membawa kita pada pikiran, perasaan dan tindakan yang positif. Sikap antusias menimbulkan gairah positif yang meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain, membuat kita lebih terbuka terhadap ide-ide atau peluang baru dan bahkan meningkatkan kualitas kesehatan kita. Dale Carnegie telah membuktikan keampuhan antusiasme bagi kesuksesan dirinya, sebagaimana telah ditulis dalam bukunya yang berjudul "Rahasia Keberhasilan yang Jarang Dikenal." Ia pernah mengatakan bahwa "antusiasme yang murni dan sepenuh hati adalah satu dari faktor-faktor kesuksesan dalam hampir segala usaha."