Thursday, September 18, 2008

Mengevaluasi Persahabatan

Ada waktunya dalam kehidupan kita untuk mengevaluasi persahabatan supaya memastikan bahwa ada dampak positifnya agar tidak menghancurkan kita. Tanpa menyadarinya, kita akan menghabiskan waktu dan tenaga yang berharga karena sebuah persahabatan yang sia-sia. Bukankah lebih baik untuk kita memperkuat persahabatan yang boleh mendukung dan menjunjung tinggi disepanjang hidup kita? Hidup, dengan banyak pilihan, liku-liku dan tantangan, adalah cukup sulit tanpa mempertimbangkan orang-orang dalam lingkaran kehidupan kita yang membuang tenaga kita. Kita juga dapat berbuat jauh lebih banyak di dunia ini ketika kita dikelilingi oleh orang-orang yang mengerti terhadap apa yang sedang kita buat dan mendukung secara positif usaha-usaha dalam menjalani hidup kita.

Kita boleh memulai proses evaluasi ini secara sederhana dengan memperhatikan bagaimana kita merasakan konteks kedekatan persahabatan kita satu sama lain. Kita boleh mulai melihat bahwa teman lama masih memiliki sikap atau ide –ide negatif yang kita harus melepaskan kerana tidak mau dipengaruhi. Kita boleh merasakan bahwa teman tersebut hanya memiliki sifat untuk menjatuhkan dan bukan mendukung kita ketika kita butuhkan dukungannya. Ada banyak cara merobah keadaan begini seperti berbicara dari hati ke hati dengan teman kita serta memberikan contoh. Proses seperti ini bukan meninggalkan teman-teman lama tetapi hanya menggeser persahabatan kita sehingga mereka tetap mendukung setiap perjalanan kita.

Yang penting untuk proses evaluasi ini adalah memeriksa diri kita sendiri apakah kita ada hubungan yang baik antara teman-teman dalam kehidupan kita. Namum kita boleh menunjukkan lebih mendukung dan bertindak lebih positif kepada teman-teman kita jika kita antisipasi mereka juga membuat respon atau perubahan yang sama.

Untuk berbagi :

Persahabatan sangat bernilai karena sesiapa yang memiliki seribu teman tidak akan putuskan persahabatan dengan satu teman pun. Benar sekali bahwa kita memang harus mengevaluasi persahabatan dengan teman-teman kita dan berusaha untuk menjaga dan mempertahankan persahabatan dengan teman-teman agar jangan putus diatas salah pengertian, ketidaksetujuan ataupun karena konflik kepentingan semata. Kita harus mempelajarinya bagaimana cara menilai dan menyambung persahabatan yang hampir terputus.

Terbukalah atau transparan saja ketika tiba waktunya mengevaluasi serta menyambung kembali persahabatan kita dengan teman-teman. Jangan memburuk-burukkan atau tunjuk jari dari belakang teman. Sekali lagi diingatkan kita harus terbuka dan transparan. Sebagai teman, kita harus saling belajar diantara yang berteman. Ketidaksetujuan apapun, konflik dan kesalahfahaman diantara teman-teman harus segera diselesaikan dengan maksud agar persahabatan dapat terjaga dengan baik.

Sebaiknya Anda berinisiatif untuk mengambil langkah pertama jika Anda ingin berbicara dari hati ke hati dengan teman, apakah Anda merasa dijatuhkan atau Anda telah menjatuhkan teman. Segera temui teman, semakin cepat semakin baik dan lakukan pertemuan secara langsung untuk meluruskan masalah. Jangan tunda lagi karena ini akan memperdalam kesalahfahaman yang membuat masam persahabatan lebih lanjut. Tentu saja pertemuan harus diatur dengan pengaturan waktu yang baik dan ditempat yang tepat untuk bertemu. Bagaimana cara menyampaikannya adalah sama pentingnya dengan apa yang akan disampaikan. Pendekatan yang Anda tepat melakukan dan yang dilakukan teman Anda akan membangun dukungan persahabatan yang lebih baik pada akhirnya.

CARA YANG PALING BAIK UNTUK MEMAHAMI SESEORANG ADALAH MEMBAGIKAN PANDANGAN YANG SAMA !

2 comments:

Anonymous said...

Persahabatan perlu dievaluasi untuk memahami seseorang atau memahami sahabat. Sejauh mana dampak positip dan negatifnya dalam kehidupan kita. Bagaimana dengan Anda?

Anonymous said...

Saya setuju dengan apa yang telah bapak sampaikan, dengan komunikasi segala sesuatu akan menjadi jelas, semua kesalahpahaman karena masing2 berfikir sendiri2 juga akan bisa diatasi.