Saturday, September 20, 2008

MENYEMBUHKAN KEMBALI PERSAHABATAN

Ada sesuatu hal terjadi pada waktu lalu dan kejadian itu tidak menyenangkan. Kata-kata yang kasar telah diomong antara dua pihak sehingga persahabatan hancur, dan akhirnya kita kehilangan kontak dengan orang yang sekarang kita merasakan kerinduan kepadanya.

Hubungan yang terputus adalah fakta tragis dalam kehidupan kita yang bergerak cepat dalam abad 21. Tapi apapun alasannya kenapa terputus, maka hubungan itu masih bisa dibetulkan. Kemungkinan tidak semuanya, tetapi kita jangan putus asa dan kita harus mencobanya. Kita harus diingati bahwa waktu adalah sebagai penyembuh dan teknologi modern membuat hubungan itu lebih gampang disambung kembali.

" Teruslah sambung persahabatan Anda," kata Pak Ralph Waldo Emerson

" Jangan kaget atau pun mencemaskan hati bila kita menyatakan selamat tinggal kepada teman kita. Harus menucapan selamat jalan kepadanya sehingga kita bertemu lagi. Bertemu kembali, sesudah beberapa saat waktu, tentu saja untuk orang yang bersahabat," kata Pak Richard Bach.

Anda mengirimkan sepucuk surat elektronik (e-mail) dengan salam yang ramah adalah satu ide yang bagus untuk dapat menyambung kembali komunikasi dengan seorang teman yang sudah putus persahabatan. Atau pun Anda boleh mengirimkan sebuah kartu ucapan selamat ulang tahun kepadanya tetapi tidak disangka-sangkanya. Tergantung situasi, mungkin lebih baik Anda meneleponnya dan langsung berbicara gimana menyambung kembali persahabatan dengan kata positif dan bersifat mendamaikan, atau Anda lebih suka gunakan teman lain untuk menyampaikan salam kepadanya.

Saya yakin Anda bisa berpikir banyak cara ketika Anda sudah membuat satu keputusan untuk mencoba. Tetapi bagaimana kalau usaha Anda tidak berhasil ? Namun begitu, Anda dapat merasa puas dan senang sesudah mencoba walaupun tidak dapat menyambung kembali persahabatan yang terputus. Anda harus mengakui tidak ada harapan berdamai lagi dengannya.

Bagaimana pun, bukankah Anda merasa sangat senang jika bisa menyambung kembali persahabatan yang terputus dengan seseorang ? Anda harus bersemangat untuk mencobanya. Kan begitu?

Untuk Berbagi:

Seperti yang diilustrasikan dalam pepatah Bahasa Cina: 海内存知已,天涯若比邻 (hai nei cun zhi ji, tianya ruo bi lin). Dunia ini, sebenarnya, hanyalah sebuah tempat yang kecil untuk berteman dan bukan untuk bermusuh.

Sebuah persahabatan 友情 (you qing) yang telah putus bukan berarti bahwa teman itu sudah menjadi musuh Anda dan persahabatan itu telah hancur seluruhnya. Apapun alasannya yang menyebabkan persahabatan putus, bukankah ini saatnya untuk memaafkan dan melupakan masa lalu untuk bersahabat kembali ?

Anda bisa saja mengatakan bahwa lebih mudah memaafkan daripada melupakan. Anda mungkin siap untuk memaafkan seseorang yang telah sangat menyakiti Anda, tetapi bagaimanapun juga Anda masih memerlukan waktu untuk mempercayai orang itu untuk melupakannya. Kenapa pikiran begitu? Apakah teman yang Anda putus persahabatan itu pun mengadakan pifiran serupa pikiran Anda?

Berusahalah untuk bertemu dan menyambung persahabatan kembali. Buat keputusan untuk memaafkan dan melupakan. Bertemanlah kembali. Dunia ini hanyalah sebuah tempat kecil untuk berteman, bukan untuk bermusuh. Setuju?

2 comments:

Anonymous said...

Melupakan atau memaafkan, merupakan OBAT MUJARAB untuk mencapai kebahagiaan.

Bila diibaratkan, kebencian adalah air keras, maka ia akan lebih merusak bejana tempat ia disimpan daripada benda yang disiramkan. Suatu pesan yang luar biasa yang pernah terucapkan oleh Mahatma Gandhi. Coba bayangi, orang yang kita benci (karena alasan apapun yang telah ia perbuat) kan tidak menanggung beban pikiran apapun, sementara kita… Harus mengingat segala perbuatannya (“yang menurut kita tidak etis”), so, how to get the happiness if you mind is loaded by hate ? Please release it, and I believe the happiness will come to you.

Anonymous said...

Persahabatan sangat menyatu dalam kehidupan setiap manusia. Hanya saja kualitas dari persahabatan yang berbeda.

Kebahagiaan yang hakiki adalah kebahagian hidup dengan persahabatan. Seluruh beban hidup maupun penyakit akan terasa lebih ringan jika kita berada di sekeliling sahabat, sebaliknya berapa besar harta yang kita miliki akan menimbulkan beban hidup maupun penyakit bila persahabatan kita tidak harmonis karena dia akan masuk dalam memori kita dan ini tidak mudah untuk dilepaskan.

Persahabatan tidak mengenal status, usia, gender dsbnya termasuk dengan golongan hewan sekalipun. "Jangan pernah meninggalkan sahabat hanya karena sikap/pemikirannya tidak lagi sejalan dengan kita".Perbedaan itu justru membuat hidup ini lebih romantis sebagaimana rangkaian bunga yang terdiri dari beranekan warna dan jenis dipadu menjadi satu rangkaian.

Demikian ulasan saya mengenai Persahabatan, semoga Persahabatan kita semua dikaruniai Allah.Amin.